5 Resep Jitu Tingkatkan Sales Growth dengan Mengelola Loyal Customers


5 Resep Jitu Tingkatkan Sales Growth dengan Mengelola Loyal Customers

Banyak yang Ragu untuk memulai sebuah usaha mandiri, banyak faktor penyebab nya.

Jangankan yang akan memulai, beberapa rekan Saya yang memiliki usaha, bahkan sudah bertahun - tahun jalan, memiliki "kebingunganya" Sendiri.

Yaitu tentang bagaimana agar volume transaksi penjualan nya bertumbuh.

Dalam sebuah usaha perdagangan sebuah barang atau jasa bisa saja di waktu - waktu peak season memperoleh kuantitas penjualan yang banyak.

Tetapi jika di rata-rata dalam satu periode apakah penjualan mereka bertumbuh dari periode sebelum nya dibandingkan periode waktu berjalan ?
Triwulan, semester atah bahkan tahunan, belum tentu.

Lalu, bagaimana dunk agar dapat memperoleh hasil seperti gambaran tersebut...

Banyak diantara temen - temen berfokus jauh keluar lingkungan usaha mereka dan melupakan hal - hal detail.
Yang seharusnya bisa menjadi kunci untuk mendongkrak pertumbuhan  penjualan, yaitu Aset.

Aset usaha yang saya maksudkan disini bukan berupa gedung, tanah, ruko atau peralatan pembantu lain nya.

Aset yang saya maksudkan adalah " Pelanggan Setia "

Pelanggan setia Anda adalah aset usaha Anda yang sangat luar biasa. Jika dalam ilmu Internet Marketing,
ada istilah " The money is on the list ". Hasil penjualan terbesar adalah terletak di daftar nama
( baik no kontak pelanggan ataupun kontak email ) yang dimiliki oleh seorang Internet Marketer tersebut.


Aset tersebut adalah data pembeli loyal Anda.

Selama ini banyak yang berfokus pada bagaimana cara mendatangkan pembeli - pembeli baru daripada bagaimana meningkatkan sales
dari sisi loyal customers. Tidak ada yang salah dengan hal itu dan bagus berfikir seperti itu.

Sekarang kembali kepada Anda.

Menurut Anda dalam melayani pembeli, lebih Mudah mana. Bukan lebih mudah ya. Lebih menyenangkan mana melayani
antara pembeli sama yg SUDAH biasa belanja ketoko Anda atau pembeli baru yang belum pernah beli produk Anda sama sekali?

Yes, Jika Anda beranggapan lebih menyenangkan melayani pembeli - pembeli baru. Kita seide.

Melayani pembeli baru memang lebih menyenangkan. Biasa nya pembeli baru datang untuk mencari kebutuhan barang yang mereka butuhkan,
selesai, pergi. LEbih simpel dan membutuhkan waktu yang sebentar pekerjaan Anda selesai. Meskipun ada juga yang banyak pertanyaan
dan kemudian tidak jadi beli.
Tapi hal tersebut kecil sekali dan jarang terjadi. Bukan Prinsip.

Sementara jika Anda melayani loyal customer, waktu Anda akan lebih banyak terbuang. Karena biasa nya loyal customer lebih lama
meluangkan waktu ketoko Anda, tetapi belanja nya sedikit.

Tetapi, pernahkah Anda membayangkan Jika dalam sehari 5 saja loyal customer Anda kembali ke toko Anda dan masing - masing belanja
1 item barang saja. Berapa dalam sebulan barang Anda yang "sudah pasti terjual " jika dibanding usaha Anda mendatangkan Pembeli baru.
Efortnya akan jauh lebih besar mendatangkan pembeli baru, meskipun diaatas sudah kita sebutkan. Lebih simpel melayani pembeli baru.


Hanya saja masalahnya adalah bagaimana caranya agar para pembeli baru yang baru sekali belanja di toko Anda, kemudian
kembali lagi dan belanja lagi?

INI DIA RAHASIANYA.


Seandainya Anda tau rahasia ini, sangat mungkin sekali penjualan Anda meningkat, 3x bahkan 100x lipat,

INI dia 5 Resep Rahasia agar hasil penjualan Anda yg lebih maksimal dan bertumbuh setiap periode nya.



1. Cross-Selling

Contohnya seperti ini.
Jika toko Anda menjual produk - produk seputar smartphone. Para customer Anda belaja Gadget.
Anda bisa tawarkan perangkat penujang lainya, seperti headset, powerbank, kuota, aksesoris dll.
Jika mereka tidak belanja pada saat bersamaan, Pastikan Anda mempunya record data pelanggan Anda yang Anda bisa tawarkan kemudian,
baik melalui whatsapp marketting, email atau social media toko anda.

2. Up-Selling

Dengan loyal customer yang sudah sering kembali belanja ke toko Anda. Perlahan dapat di pastikan Anda akan mulai mengenal dan hapal karakteristik mereka
dan berada pada kelas sosial mana mereka. Pastikan untuk mereka yang berada pada kelas sosial tergolong mampu.
Anda tawarkan UP Selling. Saat mereka tertarik untuk belanja suatu barang dan beli 1, pastikan Anda tawarkan 3 Produk sekaligus.

bisa produk yang sama atau produk hasil cross selling atau varian yg lebih bagus (tentunya lbh tinggi harganya) bisa ditawarkan jg,
intinya dorong mereka beli lbh banyak/mahal tetapi dengan harga khusus. Anda rela lah Ambil margin lebih sedikit untuk pelanggan yang
beginian sesekali. Toh sebelum - sebelum nya Anda sudah Ambil margin yang tinggi dari pelanggan seperti ini.
Anggap lah sebagai "Margin Penghargaan" buat mereka, dengan harapan pelanggan seperti ini mendapat perhatian. Siapa sih yang tidak suka
di beri perhatian lebih. Ngeti maksud Saya khan.....

3. New Variant

Untuk Produk - produk terbaru yang sedang In atau viral. Pastikan Anda untuk tidak ragu hubungi loyal customer anda untuk datang ketoko Anda
Mungkin bagi mereka sekedar untuk menambah koleksi atau sudh bosan dgn model sblmnya. Tapi jika Anda menggunakan Copy marketing yang powerfull,
bisa jadi mereka tidak hanya beli satu dua item loh..


4. Membership

Program Membership adalah Cara cerdas Anda mengunci pelanggan Anda agar tak berpaling ke pesaing.

Create Program membership untuk loyal customer Anda. Pastikan mereka Join member, tawarkan promo khusus, jalin hubungan secara rutin.
Ingat...Perhatian yang lebih akan mendatangkan keuntungan lebih.


5. Reseller

Sesegera mungkin bangun pasukan Reseller Anda apakah toko Anda masih baru atau sudah lama.
Rekrut semua yeng pernah datang datang ke toko Anda baik pembeli baru, pelanggan setia atau orang yang sekedar drop by ( mampir) untuk jadi reseller Anda

apakah hal ini mungkin? Amat sangat mungkin saudaraku


Bikin program Reseller Anda semenarik Mungkin. Bisa jadi Margin sebuah produk tertentu yang Anda jual ke pelanggan retail lebih kecil Daripada Margin yang
di dapat Reseller Anda. Ingat prduk tertentu saja ya yang Anda relakan untuk Anda ambil margin lebih kecil di banding Reseller Anda, Jangan semua juga kalleee....

Pastikan bahwa Menjadi Reseller Anda lebih menguntungkan daripada hanya jadi pengguna. Dalam artian mereka hanya dapat manfaat dari produk yang mereka beli saja.
lebih asik jadi pengedar juga dunk, selain menikmati produk mereka jg bisa dapat penghasilan tambahan.

Jangan dikira emak - emak yang mampir ke toko Anda yang di anter mobil Allfard tidak mau dapat duit lebih dari temen-temen di sekeliling mereka loh.
SEkali emak-emak, mereka akan merasa bangga bisa dapat uang dari lingkungan sekitar mereka. Yang beginian pastikan mereka jadi reseller untuk daftar nama
dari komunitas mereka aja. Sudah cukup

Untuk Reseler Anda, Pastikan merekan dapat harga spesial reseller, komisi keren, reward fantastis dll

Bisa jadi, untuk pasukan reseller yang Anda berhasil bentuk. Anda akan menikmati pasif income Anda sendiri. Anda tinggal koordinir produk nya, Untuk
jualan serahkan kepada mereka ajah....Done

Anda silahkan praktekan kelima Resep Joss memanfaatkan Loyal customer ini untuk tidak sekedar meningkatkan omset Anda berkali-kali lipat Tetapi lebih dari itu,
penjualan Anda akan bertumbuh dari setiap periode nya..

yuukkkkkk segera take action

Post a Comment

Previous Post Next Post

Popular Items